News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Goro Se Kanagarian, Kampuang Panjang Salo Helat Khatam Alqur’an 13 April 2024

Goro Se Kanagarian, Kampuang Panjang Salo Helat Khatam Alqur’an 13 April 2024


         Salo/Agam,merapinews.com  --

Nyaris seluruh warga masyarakat Nagari Salo, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam. Provinsi Sumatera Barat. Tua, muda, termasuk rang sumando, remaja dan pendatang, tumplek mengadakan Gotong Royong (Goro), pengadaan material persiapan Khatam Alqur’an 1445 Hijriah akan dihelat di Mushola Nurul Ikhlas Kampuang Panjang, Salo, Sabtu 13 April 2024 mendatang.

“Kegiatan Goro itu akan berlangsung setiap minggu jelang memasuki bulan suci Ramadhan 1445 Hijirah”, ujar Walinagari Salo Ali Amran.

Menurut nyiak Walinagari Salo, Goro itu terlaksana setelah pihaknya bersama warga masyarakat, melakukan rapat bersama Kamis 4 Januari 2024 untuk memutuskan hari nan elok dilaksanakannya Khatam Alqur’an di Mushola Nurul Ikhlas Kampuang Panjang.

Dalam rapat yang dihadiri seluruh unsur masyarakat itu, disimpulkan bahwa alek Khatam Alqur’an di mushola Nurul Ikhlas Kampuang Panjang itu digelar tanggal 13 April 2024 mendatang atau bertepatan dua hari setelah hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah. 


Keputusan itu disepakati, mengingat sejumlah anak-anak rang rantau yang pulang mudik masih berhari raya di kampung halaman. 

Pada kesempatan yang sama mereka dapat ambil bagian dalam acara Khatam Alqur'an”, ujar Koordinator Goro Zulhendri (Jun Kariak).

Seperti sudah menjadi satu kebiasaan setiap kali diadakannya alek Khatam Alqur’an di Nagari, anak-anak rang rantau dapat ambil bagian mengikutinya, papar Jun Kariak.

Menurut Jun Kariak, Demikian Zulhendri akrab disapa. Goro hari pertama itu, baru mempersiapkan material untuk pentas berbahan dari Mariau dan Batuang (Bambu).  
 
 “Luar biasa!!. Saya mengapresiasi ke kompakan warga masyarakat yang saling bahu membahu melakukan kegiatan yang sudah menjadi rutinitas (tradisi) di Kanagarian”, timpal Walinagari Salo Ali Amran, Minggu 7/12024.

Menurutnya, tidak hanya kaum pria, emak-emak juga ikut menyingsingkan lengan baju mempersiapkan penganan bagi warga yang ber goro.

Keguitan santap penganan (kue) itu dilaksnakan di Surau Kampuang Panjang.

Goro hari pertama itu juga dihadiri tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh muda nagari Salo. 

Selain nampak hadir Ketua Bamus Nagari Salo Tan Suran, Mantan Ketua Bamus Afdal (Guru), tokoh adat Dt Bahari, dan sejumlah Wali Jorong dan para perangkat nagari, juga para pemuda Nagari tidak mau tinggal diam, mereka aktif membawa dan memikul material Batuang dan Mariau (bambu) untuk dikumpulkan disebuah lokasi yang berdekatan dengan lokasi acara.(asroel bb

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.